KUBE Nelayan Panaong Ate Menunggu Ketegasan Hukum Wilayah Sumenep

Berita Korupsi

Sumenep, Cakrabuana News : Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Nelayan Panaong Ate Dusun Lembana Desa Kombang Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep.

Kelompok Panaong Ate besok resmi dilaporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Sumenep, agar ada kejelasan. Perihal, alih fungsinya perahu fiber beserta peralatannya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumenep 2017 tahun lalu.

Pasalnya. Dilaporkan pengurus dan anggota Panaong Ate menyatakan dalam surat pernyataan bermeterai. Pada Hari Jum'at 16 November 2018, pengurus dan anggota telah menyetujui untuk meminjamkan perahu fiber dan disepakati bagi hasil kepada saudara Mudeli alamat Gilingan Gili Raja Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep.

Berikut perjanjian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak yaitu :

1. Peminjam harus bagi hasil dengan Kelompok Nelayan Panaong Ate
2. Peminjam harus menyetorkan hasil setiap 6 bulan atau 12 bulan
3. Apabilah peminjam tidak menyetorkan hasil selama 24 bulan maka Kelompok KUBE Nelayan Panaong Ate akan mengambil perahu fiber yang telah dipinjamkan
4. Surat pernyataan ini berlaku sampai peminjam mengembalikan perahu fiber yang telah dipinjamkan.

Sebelumnya. Pernyataan Entor Alghafur sebagai petunjuk, dalam grup WhatsApp berbentuk pesan singkat Entor menyampaikan "Perahu fiber yang diberikan Dinas Perikanan kepada kelompok nelayan sudah dijual dan uang hasil penjualannya buat modal penjualan teri kasar", jelasnya Entor di grup WhatsApp nya.

Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep berulang - ulang di Call tidak diangkat di SMS juga tidak di direspon padahal beliau berjanji kepada Tim Investigasi untuk ditelusuri kebenarannya informasi.

Kesannya persoalan itu ada yang dirahasiakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun saat ini Tim Investigasi Media Cakrabuana dan Media Pelopor dapat menyimpulkan, sudah angkat ke permukaan permata yang ada di dalam lautan.

Selanjutnya kami menunggu ketegasan hukum menelaah verifikasinya bantuan hibah perahu fiber yang di terima KUBE Nelayan Panaong Ate sebagai obyeknya.
Reporter Liputan :
Ridhawi/Tim

Comments

Popular Posts