Temuan BPK RI, Control Sosial Demi Efektifitas Penggunaan DD di Kabupaten Sumenep

Berita Korupsi

Sumenep,Cakrabuana News :

Telaah hasil temuan BPK RI TA. 2017 penggunaan Dana Desa (DD), menunjukkan realisasi belanja tidak dilengkapi dengan hasil pertanggung jawaban yang sah, dengan rincian.

1. Desa Bataal Barat sebesar Rp. 119.154.250,00.
2. Desa Ketawang Larangan sebesar Rp.452.256.073,00.
3. Desa Bilapora Barat sebesar Rp.213.474.600,00.

Diketahui, hasil konfirmasi tertulis BPK RI, pada pengguna tiga desa penerima Dana Desa TA. 2017 tersebut diperoleh informasi, bahwa nota kwitansi yang diserahkan sebagai bukti belanja ditulis dan dibuat sendiri oleh pengurus desa sendiri bukan hasil dari toko maupun pihak ke tiga lainnya.

Hasil pemeriksaan  lapangan oleh BPK RI, atas keberadaan pekerjaan fisik Dana Desa di Desa Bataal Barat Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep, dikerjakan untuk pembangunan PAUD dan pekerjaan Paving pada halaman PAUD, lokasi pekerjaan tersebut bukan merupakan aset milik Desa Bataal Barat.

Melanjutkan berkat temuan BPK RI, Tim Investigasi media pelopor dan media rajawali sumenep, Ried. Ried bersurat konfirmasi dan diterima tanggal 11 Desember 2019 dengan Desa Rombiya Barat, tujuan untuk Control Sosial, hal ini dapatnya pemangku Desa Rombiya Barat, menunjukkan wujud fisik program atau kegiatan DD, keadaan gambar fisik yang sebenarnya, penggunaan DD yang telah dirinci dalam surat, yaitu 10 objek hasil evaluasi pembangunan TA. 2017 dan sekaligus TA. 2018.

Ried menyampaikan ke awak media ini, "Maksud dan tujuan Tim Control Sosial sebagai sampel terhadap BPK RI, agar wilayah Kecamatan Ganding tidak menuai masalah lagi seperti Desa Bataal Barat TA. 2017 tahun lalu, yang diketahui tidak efektivitas di wilayah Kabupaten Sumenep penggunaan DD," jelasnya Ried, Senin (9/12/2019).

Menanggapi hal di atas adanya Tim Control Sosial, Camat Ganding Kabupaten Sumenep, Faruq menyampaikan kepada media ini, "Silahkan mas, langsung saja koordinasi dengan Kepala Desa Rombiya Barat," singkatnya Faruq, Kamis (12/12/2019).

Reporter Liputan :
Ridhawi


Video








Comments


  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts